Jumat, 06 Februari 2009


Tiga astronom dari Universitas Toronto memperlihatkan foto pertama sebuah planet di sekitar bintang yang mirip Matahari. Mereka mengambil gambar itu menggunakan teleskop Gemini North dari Mauna Kea di Hawaii. Bintang muda itu bernama 1RXS J160929.1-210524 yang berjarak sekitar 500 tahun cahaya dari Bumi.

Planet itu besarnya seperti Jupiter, namun enam kali lebih berat. “Juga lebih panas ketimbang Jupiter,” kata Ray Jayawardhana, salah seorang astronom. Pada atmosfer planet ini terdapat air dan gas karbon monoksida. Alhail planet ini, kata Jayawardhana, bukan pilihan terbaik bagi mahluk angkasa luar karena gas tersebut dan usianya yang masih muda.

Memang bintang 1RXS belum lama terbentuk, diperkirakan usianya 5 juta tahun. Bandingkan dengan Matahari kita yang usianya sekitar 4 miliar tahun. Untuk mengamati planet ini, tim Universitas Toronto menggunakan teknologi optik termaju yang mampu mengurangi distorsi oleh turbulensi di atmosfer Bumi. Citra inframerah dan spektra menunjukkan karakteristik planet tersebut.

ScienDaily ! Reuters

Tidak ada komentar:

Posting Komentar