Kamis, 05 Februari 2009

Pakar Astronomi Zhang Heng pada zaman Dinasti Han timur


Zhang Heng lahir di kabupaten Nanyang Propinsi Henan Tiongkok tengah. Pada umur 17 tahun, ia meninggalkan kampung halamannya, dan datang ke Chang’An. Karena kemampuan Zhang Heng yang menonjol ia terpilih oleh pemerintah dan menjadi pejabat tinggi.

Ia sangat terminat pada ilmu alam khususnya ilmu astronomi. Ia pernah dua kali meletakkan jabatannya dan meneliti pengetahuan di bidang-bidang filsafat, matematika, astronomi dalam 3 tahun, dan mulai menyusun buku.

Zhang Heng berpendapat, langit seperti satu telur, tanah seperti kuning telur, langit besar dan tanah kecil. Teori itu sangat maju pada waktu itu. Menurut Zhang Heng, satlet bergerak cepat tidak itu karena perubahan jaraknya dengan mata hari. Ilmu zaman modern membuktikan, cepat atau tidaknya satlet bergerak tergandung pada jaraknya dengan mata hari.

Disampign penelitian teori, Zhang Heng masih mementingkan pelaksanaan, ia pernah membuat satu mesin gempa bumi yang pertama di dunia untuk memeriksa gempa bumi. Pada tahun 138, dengan menggunakan mesin itu ia berhasil mencatat gempa bumi di propinsi Shaanxi.

Menurut penghitungan Zhang Heng, di daerah tengah Tiongkok dapat terlihat 2500 buat bintang. Ia telah mengelolai teori gerhana bulan. Ia berpendapat, mata hari pada pagi dan malam hari serta siang hari berbentuk yang sama. Mengapa nampaknya mata hari lebih besar pada pagi dan malam hari dan lebih kecil pada siang hari itu adalah semacam fungsi optikal.

Zhang Heng terhitung menulis 32 karya di bidang-bidang ilmu, filsafat, dan kesasteraan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar